Nikmatnya Berhenti Kerja

Posted by Qin's World Monday, April 30, 2012 1 comments

Betapa menyenangkan bisnis di rumah.. mau tahu alasannya :

             1.      Lupakan Kemacetan yang Membosankan    
Pernah tinggal di kota besar, khususnya Jakarta dan sekitarnya ? Atau di kota besar lain seperti Bandung atau Surabaya ? Kemacetan merupakan ‘makanan sehari-hari’. 
Hitung punya hitung, minimal diperlukan sekitar lima jam untuk perjalanan pulang pergi kantor. Plus, katakanlah Sembilan jam di kantor. Bahkan kadang-kadang lebih.  Rata-rata kita menghabiskan waktu sekitar 15 jam sehari, termasuk persiapan untuk pergi ke kantor, seperti mandi dan sarapan. Tersisa sekitar Sembilan jam untuk kegiatan lain di luar bekerja.
Apa yang bisa dilakukan dengan Sembilan jam itu ? kalau kita mau disiplin berpola hidup sehat dengan waktu tidur delapan jam sehari, berarti hanya tersisa satu jam untuk kegiatan lain. Bayangkan, hanya satu jam untuk kegiatan seperti ngobrol dengan anggota keluarga atau menonton TV. Atau malah tidak bisa apa-apa, karena badan biasanya lelah sepulang dari kantor dengan perjalanan yang melelahkan plus menyebalkan.
Tanpa disadari, hal itu akan menurunkan kualitas hidup (quality of life). Tidak ada lagi keseimbangan antara kegiatan mencari nafkah (bekerja), kegiatan di rumah, dan kegiatan social kemasyarakatan.
                                                                                                                           
      2.      Lupakan Jam Kerja 8 to 5
Alangkah enaknya kalau kita bisa mempunyai jam kerja fleksibel, tidak kaku harus pukul 8 pagi hingga 5 sore, apa pun kondisinya. Bahkan, dalam beberapa kasus kita tidak keberatan bekerja lebih lama (dengan jam kerja lebih panjang) asalkan diberi kesempatan untuk mengatur jam kerja.
Dengan menjalani bisnis di rumah, kita bisa mengatur kapan kita harus bekerja dan kapan harus menggunakan waktu untuk kegiatan lain. Dijamin, secara fisik dan mental, kita akan merasa lebih segar dan sehat. Kalau pun, misalnya, kita menggunakan banyak waktu untuk bekerja, itu karena kemauan kita sendiri, bukan karena dipaksa oleh orang lain (atasan atau perusahaan). Alangkah nikmatnya!

      3.      Lupakan Bos yang Menyebalkan
Atasan memang ada yang menyebalkan. Namun, pastilah ada juga yang baik hati. Ada yang bilang, kita bisa saja memilih pekerjaan, tetapi kita tidak bisa memilih siapa yang akan menjadi atasan atau bos kita. Tugas yang diembannya adalah bagaimana membuat karyawan yang ada dalam kendalinya mampu bekerja untuk memenuhi target yang sudah ditetapkan, syukur-syukur melebihinya. Jadi, criteria utama bagi seorang bos di kantor yang akan menentukan konditenya adalah apakah bagian yang dipimpin mampu berkontribusi terhadap keuntungan perusahaan atau tidak. Masalah anak buah senang atau tidak, itu urusan nomor sekian.

Dengan membuka usaha sendiri, kita menjadi bos bagi diri sendiri. Tidak akan ada lagi  yang membentak-bentak ketika kita melakukan kesalahan. Tidak ada lagi bos yang memarahi ketika kita terlambat datang, tetapi tidak mau disalahkan ketika dia sendiri terlambat datang. Baik buruk apa yang kita lakukan benar-benar tergantung pada niat dan semangat semangat kita sendiri. Mau ?

      4.      Lupakan Jenjang Promosi yang Melelahkan
Jelas bahwa kenaikan gaji yang ‘wajar’ sulit diharapkan. Kalau pun ada, kenaikannya kecil sekali, sehingga musnah ditelan laju inflasi. Jika demikian, kenaikan gaji yang signifikan hanya diharapkan dari promosi. Dengan posisi yang lebih tinggi (hasil proses promosi), otomatis gaji akan lebih tinggi pula.
Sayangnya, lagi-lagi, kenyataan yang terjadi tidak seindah bayangan banyak orang. Dalam banyak kasus, jalur promosi tidak jelas, terutama tidak jelas kriteria untuk  mendapatkan promosi. 
Jadi, bagi kita yang sabar mengikuti jalur promosi yang melelahkan dan sering kali tidak jelas, ya silakan saja. Untuk yang tidak sabar, dan berkesempatan untuk pindah ke perusahaan lain guna mendapatkan posisi dan kompensasi yang lebih baik, itu bagus juga. 
Namun kalau kita tidak mau, atau tidak mampu melakukan itu semua, membuka usaha sendiri di rumah merupakan jawabannya. Dengan mengelola usaha sendiri, kita tidak perlu pusing memikirkan jenjang promosi, karena memang kita tidak memerlukannya.

      5.      Lupakan Rapat-Rapat yang Menjemukan
Selain bos yang menyebalkan, hal yang tidak bisa dihindari di dunia pekerjaan  pada umumnya adalah rapat. Sebenarnya kalau dikelola dengan baik, rapat bukan kegiatan yang menjemukan.
Pertama, rapat mestinya dilakukan hanya jika ada hal-hal yang memang perlu dibicara oleh banyak orang. Sayangnya, dalam praktik tidak selalu demikian. Perlu tidaknya rapat sering ditentukan secara sepihak oleh oleh pimpinan. Akibatnya, tidak jarang kita menghadiri rapat untuk suatu masalah yang tidak jelas. Tidak jarang juga, yang namanya rapat itu ternyata isinya tidak lebih dari ‘ceramah’ pimpinan kita. Padahal, kalau hanya instruksi mestinya tidak perlu rapat. Cukup buat surat edaran atau pengumuman.
Kedua, rapat mestinya hanya mengundang orang-orang yang memang diperlukan buah pikirannya, sehingga semua peserta rapat mestinya merasa perlu dan mendapat kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Dalam praktik, juga tidak selalu demikian. Kita sering kali di undang atau tepatnya diperintahkan untuk menghadiri rapat hanya untuk dijadikan ‘kambing congek’.
Selain itu, ada perbedaan rapat antara pimpinan dan pelaksana. Bagi pimpinan, rapat merupakan bagian dari pekerjaan, sedangkan bagi staf pelaksana, rapat adalah titik awal untuk memulai suatu pekerjaan.

      6.      Lupakan Rekan Kerja yang Menjengkelkan
Selain tidak bisa memilih bos, sebagai karyawan biasa kita juga tidak bisa memilih rekan kerja. Penyebabnya sederhana, karena bukan kita yang merekrut mereka, tetapi perusahaan atau pimpinan kita lah yang merekrut mereka. Tentu saja tidak semua rekan kerja menjengkelkan. Namun, biasanya selalu saja ada orang-orang yang mengurangi kenyamanan kita dalam bekerja.
Bagaimana menghindar dari rekan-rekan kerja yang menjengkelkan itu ? tentu saja, sejengkel apa pun, kita tidak bisa memecat mereka. Kalau meributkan posisi mereka, atau mengusulkan agar mereka di pecat dari kantor, salah-salah malah bisa kita yang kena PHK.

      7.      Lupakan Mengisi Pundi-Pundi yang Menguntungkan Kantor
Semua orang tahu, tujuan bekerja adalah mencari uang. Namun, adakah diantara kita yang punya motivasi untuk mencari uang untuk orang lain ? plus catatan bahwa “orang lain” yang dimaksud itu bukan orang susah, melainkan orang yang rata-rata sudah kaya, bahkan jauh lebih kaya dari kita ? sangat mungkin jawabannya adalah “tidak”.
Di mana pun adanya, perusahaan selalu berusaha untuk menekan upah pekerja. Tujuannya jelas, supaya profit yang dia nikmati semakin besar. 
Jadi, ketika kita sedang bekerja membanting tulang untuk memperoleh upah yang layak bagi diri dan keluarga, pada saat yang sama sebenarnya kita sedang berjuang sekuat tenaga untuk mengisi pundi-pundi keuntungan pemilik perusahaan. Semakin keras kita bekerja, semakin banyak isi pundi-pundi itu.
Kalau kita tidak nyaman dengan situasi tersebut, membuka usaha sendiri di rumah adalah salah satu solusinya. Dengan usaha yang kita miliki sendiri. Tidak ada lagi cerita bekerja keras untuk memperkaya orang lain.

      8.      Lupakan Kenaikan Gaji yang Lambat
Upah minimum itu nilainya berbeda di setiap daerah, tetapi kalau di rata-rata, nilainya sekitar Rp. 1 Juta sebulan. Bisa beli apa dengan uang sebesar itu ? kalau hidup di desa, mungkin jumlah itu sudah lumayan. Namun, untuk kita yang hidup di kota, apalagi kota besar, sulit membayangkan bisa hidup layak dengan upah tersebut.
Gaji kita memang mengalami kenaikan, bahkan biasanya kenaikan itu terjadi secara teratur setiap tahun, tetapi kecepatan kenaikan gaji itu sulit sekali mengejar kenaikan biaya hidup. Secara rata-rata, inflasi di negara kita adalah sekitar 10% per tahun. Artinya, kita akan menjadi lebih miskin setiap tahunnya, kalau kenaikan gaji kita kurang  dari 10%.
Dengan membuka usaha sendiri, kita bisa melupakan lambatnya kenaikan gaji. Juga negosiasi kenaikan gaji yang melelahkan, padahal hasilnya tidak seberapa , sehingga sering membuat kita ‘makan hati’. Dengan mengelola usaha sendiri, kita yang menentukan ‘gaji’ kita sendiri.

      9.      Lupakan Sempitnya Waktu Bersama Keluarga
Betapa sangat melelahkan. Delapan jam sehari, 40 jam dalam seminggu. Belum lagi jika harus overtime. Ditambah waktu jalan.  Jangan  sampai tua di kantor dan di jalan. Anak semakin besar. Mereka juga butuh perhatian. 
Bagaimana jika kelak kita terlalu disibukkan oleh pekerjaan ? tidak punya waktu untuk keluarga. Pemarah karena kelelahan. Atau, tidak sempat mendampingi si buah hati saat tumbuh ? bahkan, tidak berada di sisinya di saat-saat istimewa ? sehingga, kicau riang anak kita tidak terdengar lagi di telinga ? lalu hendakkah kita membiarkannya berkicau pada pembantu rumah tangga yang selalu mendampinginya ? Ah,  andai saja…

      10.  Lupakan Masa Lalu, Meroketlah Semau Kita
Jadi, tunggu apa lagi ? lupakan semua yang jelek-jelek, lupakan semuanya.
Bila sudah ingin melangkah melakukan bisnis di rumah, jangan ragu. Jangan bimbang. Jangan pula bertanya “nanti bagaimana ?”, tetapi bilang saja “bagaimana nanti”. Kunci hanya satu, yaitu smangat untuk menentukan jalan kita sendiri.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Nikmatnya Berhenti Kerja
Ditulis oleh Qin's World
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://myaoyan.blogspot.com/2012/04/nikmatnya-berhenti-bekerja.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

jauhari mk, MM said...

Setuju sekali ... memiliki usaha sendiri itu nikmat
Usaha Sendiri menjadikan kita memiliki pilihan dan harapan untuk lebih maju dari sekedar jadi pegawai. Jika ada yang ingin menjalankan bisnis sendiri dan bingung bagaimana menentukan BEP-nya, kebetulan saya membuat artikel menghitung BEP untuk bisnis kecil yang dibuat simple dan applicable. Bisa di lihat di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/01/bagaimana-menghitung-kelayakan-bisnis.html
salam

Post a Comment

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Qin's & Aoyan - Info dan Berita terkini.