Songkran Festival Thailand, Saatnya Perang Air Besar-besaran

Posted by Qin's World Monday, April 16, 2012 0 comments
 
BULAN April ini menandai salah satu festival paling menarik di Thailand yaitu Songkran atau tahun baru Thailand. Festival ini akan diselenggarakan pada 13 hingga 16 April, memenuhi setiap kota di negeri gajah putih ini dengan kemeriahan.

Songkran dirayakan dengan pesta dan perang air, dimana penduduk kota akan saling menyiramkan air ke satu sama lain di sepanjang jalan. Songkran merupakan festival paling populer di Thailand, yang menandai permulaan tahun matahari dan musim panas di negara ini.


Secara tradisional, masyarakat Thailand merayakan Songkran dengan mengunjungi kuil dan menyiramkan air ke satu sama lain sebagai permohonan keberuntungan untuk tahun yang baru. Namun kini, perayaan ini telah berkembang menjadi pesta air nasional dan pesta besar yang juga diikuti oleh wisatawan asing yang ingin merasakan kemeriahan festival ini.



Pesta pora ini juga memiliki sisi negatif. Songkran dinilai sebagai saat yang paling mematikan bagi Thailand mengingat tingginya jumlah kematian akibat alkohol. Tahun lalu, 271 orang dilaporkan tewas dan 3.476 terluka dalam kecelakaan di masa perayaan Songkran. Tahun ini, para pemerintah Thailand berharap angka kematian berkurang karena mereka telah mengeluarkan peraturan untuk mencegah penyalahgunaan alkohol, demikian seperti dilansir CNNGo, Jumat (13/4/2012).

Meskipun perang air saat Songkran kedengarannya menyenangkan, ada beberapa hal yang perlu diingat; selalu gunakan air bersih karena air tersebut akan digunakan untuk saling menyiram satu sama lain. Jangan menggunakan air panas karena akan berbahaya bagi kulit. Air sedingin es lebih dimaklumi saat Songkran.

Anda boleh mneggunakan pistol air, ember, atau selang untuk digunakan sebagai alat perang air ketika Songkran. Jangan pula gunakan senjata tajam atau benda-benda berat.

Di Bangkok, perayaan Songkran terbesar ada di Silom Road, RCA, dan Khao San Road. Berikut adalah tempat-tempat perayaan Songkran yang meriah untuk diikuti di Thailand, seperti dikutip dari CNNGo:Jumat (13/4/2012).

Songkran Chiang Mai Festival
Chiang Mai adalah tempat 'terliar' untuk merayakan Songkran di Thailan. Festival ini akan dibuka dengan upacara dan prosesi unik di sekitar kota Chiang Mau. Pengunjung dan masyarakat lokal akan menyiramkan air ke patung Buddha dan juga orang-orang yang lebih tua, kemudian melihat pertunjukan budaya dan bermain perang air hingga semalaman suntuk.

Old City Songkran Festival, Ayutthaya
Tahun ini, festival Songkran di kota kuno Ayutthaya akan diselenggarakan di Phra Nakhon Si Ayutthhaya, dan berfokus pada tradisi kuno. Uniknya lagi, dalam perang air antar warga saat Songkran di Ayutthaya akan dimeriahkan oleh gajah-gajah yang menyiramkan air ke pengunjung.

Si Satchanalai Songkran Festival, Sukhothai
Warga kota sejarah Sukhothai merayakan Songkran dengan cara yang lebih tradisional, yang berpusat di kuil Traphang Thong di depan Taman Sejarah Sukhothai. Akan ada pasar tradisional, kontes membangun pagoda dan juga prosesi budaya kuno. Hampir semua warga yang mengikuti Songkran di kota ini akan mengenakan pakaian tradisional Thailand.(uky)
(ftr)

Sumber : http://travel.okezone.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Songkran Festival Thailand, Saatnya Perang Air Besar-besaran
Ditulis oleh Qin's World
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://myaoyan.blogspot.com/2012/04/songkran-festival-thailand-saatnya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Qin's & Aoyan - Info dan Berita terkini.